17 Langkah Cara Merawat dan Memilih Ikan Cupang

cara-merawat-ikan-cupang-2
17 Langkah Cara Merawat dan Memilih Ikan Cupang

Cara merawat ikan cupang adalah pekerjaan yang membutuhkan keseriusan. Meski koleksi kalian adalah hewan yang bentuknya kecil, namun jangan sepelekan perawatannya. 

Ikan cupang adalah salah satunya macam ikan hias aduan yang punyai corak dan wujud ekor yang bagus. Karena alasan itulah banyak orang memelihara ikan ini di dalam rumah. Baik sebatas hiasan atau benar-benar hobi.

Cara merawat ikan cupang yang keliru, bisa berkibat ekor atau sirip mebgalami kerusakan. Aduh sayang, padahal siripnyalah yang membuat ikan ini tampak anggun dan indah. So, kalian paham kan mengapa harus dirawat dengan benar.

Ikan cupang terdiri atas 3 kategori, ialah, cupang hias, cupang cupang liar, dan aduan. Ikan cupang adalah ikan petarung yang paling termashyur sebab keagresivitasnya.

Disamping itu, biaya perawatan yang relatif murah serta karakternya yang tidak interaktif.

Tanda-tanda ikan cupang salah satunya disebut mouth breeder, yaitu menfrerami telurnya dalam mulut dan bangun sarangnya dengan busa (bubble nest).

Rata-rata ikan ini benar-benar disenangi oleh anak kecil. Baca cara merawat ikan cupang berikut ini!

Perawatan Ikan Cupang

cara-merawat-ikan-cupang-1
17 Langkah Cara Merawat dan Memilih Ikan Cupang

Ada bebarapa soal yang perlu kalian melakukan kalau pengin mendapat ikan cupang yang baik, berwarna menakjubkan dan sehat. Turuti ya keterangan berikut ini, jangan discroll hehe.

1. Tentukan Ukuran Tempat yang Cocok

Ikan cupang bisa hidup dalam akuarium memiliki ukuran apa, tapi lebih bagus memiaranya dalam tempat kecil saja. Seperti, memiliki diameter 20 x 15 x 15 cm.

Sebetulnya, kamu dapat konsumsi tempat apa untuk ikan cupangmu.

Tapi, kalau kamu mempunyai uang berlebihan, sebaiknya untuk beli akuarium. Akuariumnya sendiri punyai dimensi tidak kurang dari dimensi 20 x 15 x 15 centimeter. Ukuran yang cukup cocok sama ukuran cupang yang relatif kecil.

2. Pakai Air Tawar

Menjaga ikan cupang benar-benar diminta untuk gunakan air tawar.

Sebab, macam air ini punyai ciri yang tidak jauh beda dengan habitat asli ikan cupang ialah, sawah serta rawa-rawa.

Tapi, kalau tidak ada air sumur kamu bisa gunakan air PAM saja. Biarkan lebih dulu air itu di ember saat sebelum masukkan ikan. Hindarkan pemakaian kloramin serta klorin sebab beresiko untuk ikan cupang.

Air jadi soal kruasial yang penting diperhatikan secara baik waktu memiara ikan cupang. Panduan menjaga ikan cupang lalu sediakan air tawar contohnya air sumur untuk ikan cupang.

Kamu dapat ganti airnya sama air minum isi ulangi kalau air sumurmu tidak sangat jernih. Janganlah lupa pun untuk menganti air hunian ikan cupangmu kedepannya secara teratur sekurang-kurangnya 3 hari sekali.

3. Tempat Jangan Dipenuhi Air

Apabila kamu gunakan tempat ikan cupang tiada penutup, seharusnya isikan air lebih kurang 40% saja. Cara ini dikerjakan kalau akuarium itu gunakan tempat tiada penutup.

Untuk tempat tiada penutup begini, jangan isi air untuk hidup ikan cupang terlalu penuh.

Panduan menjaga ikan cupang ini bukanlah teori semata. Dengan mengisi wadah dengan air setinggi 40 persen dari tinggi wadah akan menjaga ikan cupangmua melompat keluar dari tempatnya.

4. Memasukkan Ikan Cupang

Perawatan ikan cupang harus dikerjakan dengan berhati-hati supaya mereka tidak mati. Disamping itu, jangan tukar air secara mencolok. Lebih bagus campurkan air lama yang baru.

Hal itu dapat memudahkan ikan cupang dalam menempatkan diri sama air itu. Hindarkan juga pemakaian jala ikan sebab bisa menghancurkan siripnya yang halus.

5. Ganti Air

cara-merawat-ikan-cupang-5
17 Langkah Cara Merawat dan Memilih Ikan Cupang

Trik ganti ikan selaku tempat hidup ikan cupang butuh pengetahuan. Berikut langkahnya:

  • Simak ya, berharap ubah lebih dulu ikan cupang ke dalam tempat penyimpanan sementara.
  • Ubah ikan dengan saringan teristimewa, jangan gunakan tangan sebab bisa menghancurkan sirip serta ekornya yang cantik.
  • Cara merawat ikan cupang supaya tidak mati yakni dengan bersihkan tempat ikan dari kotoran serta lender-lendir yang melekat.
  • Jangan mencucinya dengan sabun atau deterjen sebab bisa meracuni ikan cupang.
  • Cukup membersihkan dengan spons sampai bersih.
  • Kalau ada batu serta aksesories yang lain, membersihkan pun semuanya.
  • Sesudah tuntas silakan isi kembali lagi sama air lalu nantikan sesaat supaya airnya sama dengan temperatur kamar.
  • Selanjutnya, silakan saran kembali lagi ikan cupangnya.
  • Ubahlah air itu sekurang-kurangnya tiga hari sekali.
  • Kamu dapat juga ganti airnya tiap 2 hari atau bahkan juga tiap hari.
  • Kabarnya ikan cupang dapat jauh lebih bagus perkembangannya kalau kita rajin ganti airnya tiap hari.

6. Terkadang Perlu Dijemur

Panduan menjaga ikan cupang lalu menjemur ikanmu secara rutin. Panduan yang berikut punya tujuan supaya ikanmu bertambah fresh serta membunuh bakteri serta jamur yang barangkali berada pada tempat ikan.

Cari di tempat yang tidak sangat dingin atau panas.Perhatikan pun gerak-gerik ikan cupangmu. Kalau nampak was-was, lekas ubah ke daerah yang lebih teduh lagi.

Kesibukan ini punya tujuan aga ikan lebih fresh sekalian membunuh bakteri serta jamur yang berada pada tempatnya dan kulit.

Melakukan penjemuran terkadang saja, terkecuali untuk ikan cupang punya warna hitam dominan. Seharusnya tidak dijemur sebab dapat membuat panik.

Penjemuran dikerjakan pada waktu 8 sampai 10 pagi waktu 15-30 menit saja. Kalau ikan cupang nampak was-was sewaktu dijemur, jadi cepat ubah ke daerah yang teduh sampai dia berasa tenteram kembali.

7. Macam Makanan supaya Berwarna Tajam

Makanan adalah salah satu perihal prinsipil supaya ikan cupangmu selalu terurus dengan baik. Makanan yang umum dikonsumsi ikan cupang salah satunya kutu air, udang daun jati, daun tanaman spirulin, dan ketapang.

Panduan menjaga ikan cupang yang lain yakni berilah makan cupang sedikit buat sedikit. Kalau nampak telah habis, tambahlah sedikit untuk lihat apa ikan cupangmu cuman perlu makanan yang relatif sedikit.

Implikasi panduan menjaga ikan cupang ini buat jaga peluang tempat ikan cupangmu kotor karena makanan yang tidak habis. Resiko ikan terserang penyakit jadi besar kalau keadaan tempatnya tidak bersih.

Makanan yang bagus untuk ikan cupang yakni:

cara-merawat-ikan-cupang-3
17 Langkah Cara Merawat dan Memilih Ikan Cupang

Kutu Air

Warna ikan cupang bisa lebih ceria serta tubuhnya tidak buncit.

Rata-rata banyak penyuka ikan cupang yang gunakan kutu air kecil serta kutu air raksasa untuk cupang ukuran dewasa.

Udang

Pemberian udang bisa dipercayai membikin warna ikan cupang jadi tajam dan ceria.

Udang yang dipakai rata-rata udang kering yang dipasarkan atau gunakan udang hidup kecil.

Tanaman Spirulina

Macam tanaman spirulina tumbuh di tempat yang cukup ekstrim serta miliki kandung nutrisi yang bagus, komplet dan setimbang.

Daun Katapang

Ini yakni vitamin supaya ikan cupang lebih segar.

Daun Jati

Satu helai daun jati bisa kamu pakai untuk menjaga ikan cupang supaya punyai ekor yang juga baik cantik.

8. Kasih Garam

Garam ikan hias berperan selaku pengimbang osmosis pada tubuh ikan hias cupang.

Pemberian garam dapat juga menolong pengobatan cedera serta memantapkan badan ikan hias cupang karena metabolisme badannya yang tidak bekerja secara benar

Trik pemberian garam pada ikan cupang yakni 0,1 % dari air atau sama dengan 10 gr garam yang berisi 1 ltr air.

9. Jangan Biarkan Cupang Kesepian

Biasanya, ikan cupang dapat hidup di mana saja. Tapi, kalau pengin menambah kawan kasih saja ikan matera atau tiger barb atau ikan buntal kerdil.

Sebab, tingkah laku mereka yang serupa dengan ikan cupang ialah, menggigit sirip ikan lain.

10. Bersihkan Tempat secara Teratur

Memiara ikan cupang bermakna harus bertanggungjawab dalam bersihkan tempatnya secara rutin. Tempat yang kotor malah menaikkan resiko ikan cupang terserang penyakit bahkan juga sampai mati.

Bersihkan tempat secara teratur lebih baiknya 3 hari sekali. Kalau kamu tergolong orang yang super repot, sedikitnya kamu harus bersihkan tempat ikan cupan itu satu minggu sekali untuk panduan menjaga ikan cupang ini.

11. Obati Ikan Cupang Kalau Nampak Lemas

Panduan menjaga ikan cupang paling akhir yakni obatilah ikan cupangmu kalau nampak beberapa gejala di mana mereka sakit. Salah satunya penanda ikanmu sakit yakni ikanmu nampak malas bergerak dan lemas.

Untuk menyembuhkannya, kamu dapat memberi beberapa tetes metil biru, garam ikan hias, pomate, serta obat tetra clor secukupnya. Aduk sampai rata untuk selanjutnya masukan kembali lagi ikan cupang ke air paduan obat itu.

12. Tidak Membikin Ikan Cupang Depresi

Panduan menjaga ikan cupang sesudah itu ini paling penting untuk dipraktekkan. Karena akar inti dari menjaga ikan cupang sendiri yakni tidak membuat depresi waktu kamu piara.

Triknya yakni dengan bangun ekosistem dalam tempat atau akuarium yang serupa dengan habitat aslinya. Diantaranya dengan menambah batu-batuan serta pelbagai tanaman air.

Batu-batuan serta tanaman air ini kedepannya menjadi tempat yang aman dan tenteram untuk ikan cupang. Ikan cupang sendiri tergolong ikan yg menyukai bersembunyi ditambah lagi waktu mereka tidur.

13. Pisahkan Ikan Cupang

Kalau kamu tergolong orang yang punyai ikan cupang jantan, panduan menjaga ikan cupang selanjutnya ini mesti kamu simak baik-baik. Pisahkanlah ikan itu dengan ikan yang lain seperti ikan cupang betina.

Peristiwa untuk pisahkan ikan cupang jantan serta betina dikerjakan supaya mereka tidak beradu. Tapi, kamu dibolehkan untuk mengombinasikannya pada sebuah tempat waktu musim kawin tiba.

Trik Memilih Ikan Cupang

cara-merawat-ikan-cupang-4
17 Langkah Cara Merawat dan Memilih Ikan Cupang

Untuk mendapat ikan cupang yang baik, pastinya kalian tidak dapat sembarangan. Jangan hanya beli jika kelak jadikan penyesalan. Ingat, penyesalan selamanya ada belakangan.

1. Tentukan Ikan Cupang Punya Warna Ceria atau Tajam

Waktu beli ikan cupang kamu harus lihat berwarna dengan jeli. Apa warnanya ceria atau pucat dan kusam. Ada pelbagai jenis warna pada ikan cupang serta yang umum yakni warna warna biru dan merah.

2. Lihat Kondisi Siripnya

Tidak cuman warna, kamu mesti menegaskan keadaan siripnya. Apa sirip ikan cupang itu masih pada situasi yang bagus seperti, tidak sobek serta hancur?

3. Badannya Tidak Ada Tonjolan

Apa ada tonjolan aneh atau parasit di badan ikan cupang yang pengin kamu membeli? Apabila kamu menemui soal sama dengan itu seharusnya pikirkan untuk cari ikan cupang yang lain.

4. Gerakan Ikan Cupang

Ikan cupang biasanya benar-benar agresif. Tapi, dalam memiaranya, jangan sempat terus-terusan mengetok-ngetuk tempatnya secara berulang kali sebab dapat membikin ikan cupang jadi risau.

Ikan cupang adalah salah satunya ikan yang kuat bertahan hidup pada tempo lama. Untuk itu apabila diletakkan dalam tempat dengan volume air sedikit serta tanpa ada alat aliran udara atau aerator, ikan ini masih bisa bertahan hidup.

Oleh sebab itu ikan cupang sangat banyak disenangi serta dipiara oleh banyaknya kalangan.

Mudah-mudahan artikel cara merawat ikan cupang ini berfaedah buat kalian. ***

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel